Prinsip Kerja Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak

0 Comments

Prinsip Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak – Artikel kali ini dari otomesin.com akan mengulas tentang bagaimana cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak dan prinsip kerja mesin diesel 4 tak dan 2 tak.


Mungkin banyak sobat otomesin.com yang belum tahu dan memahami serta ingin di jelaskan perbedaan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak dan prinsip kerja mesin diesel 4 tak dan 2 tak ini.

Prinsip dan Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak

prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak. kelebihan dan kekurangan mesin diesel 2 tak dan 4 tak

Sebagaimana kitea ketahui bersama bahwasanya Mesin diesel adalah jenis mesin yang menggunakan bahan bakar diesel sebagai sumber energi untuk melaksanakan pekerjaannya. 


Mesin ini telah digunakan selama lebih dari satu abad dan masih merupakan salah satu teknologi paling umum di dunia saat ini. 

Mesin diesel memiliki beberapa kelebihannya, termasuk efisiensinya yang tinggi dan biaya operasionalnya yang rendah. Mesin diesel adalah jenis mesin yang menggunakan bahan bakar diesel untuk menghasilkan tenaga. 

Mesin diesel ditemukan oleh seorang insinyur mesin Jerman bernama Rudolf Diesel pada tahun 1892.  Pada awalnya, mesin diesel hanya digunakan untuk menggerakkan kapal-kapal dan kereta api.

Akan tetapi seiring dengan perkembangan teknologi, mesin diesel juga mulai digunakan untuk menggerakkan kendaraan bermotor seperti truk dan bus. 

Mesin diesel memiliki keunggulan dibandingkan dengan mesin bensin karena dapat memberikan tenaga yang lebih besar dengan bahan bakar yang lebih efisien. 

Selain itu, teknologi mesin diesel telah banyak digunakan di seluruh dunia dikarenakan mesin diesel juga lebih tahan lama dibandingkan dengan mesin bensin.

Apa itu Mesin Diesel 2 Tak

Sejak tahun 1910-an, mesin ini mulai digunakan untuk kapal niaga dan kapal perang, kemudian diikuti lokomotif, truk, pembangkit listrik, dan peralatan berat lainnya.
Mesin diesel 2 tak adalah jenis mesin pembakaran dalam yang hanya memiliki dua tahap kerja dalam satu siklus mesin. Hal ini membuat mesin bekerja secara berkesinambungan.
Mesin diesel hanya memerlukan dua tahapan dalam siklus kerjanya, dimana setiap tahap hanya memerlukan setengah putaran engkol. 
Sehingga, mesin diesel menghasilkan tenaga gerak dengan hanya melakukan satu putaran engkol saja. 
Proses ini didasarkan pada cara kerja mesin diesel yang mengubah energi kimia menjadi energi gerak.
Mesin diesel menghasilkan tenaga dengan cara membakar bahan bakar solar dan oksigen yang berada di dalam silinder. 

Pengertian Mesin Diesel 4 Tak

Apa yang dimaksud dengan mesin diesel 4 tak? Mesin 4 tak adalah mesin yang bekerja melalui 4 proses langkah naik turun piston untuk menghasilkan tenaga. 
Itu sebab nya disebut 4 tak, karena mesin tersebut membutuhkan 4 langkah kerja untuk satu kali proses.
 
Mesin diesel 4 tak adalah mesin pembakaran dalam, yang dalam satu kali siklus pembakaran akan mengalami empat langkah piston. 
Sekarang ini, mesin pembakaran dalam pada mobil, sepeda motor, truk, pesawat terbang, kapal, alat berat dan sebagainya, umumnya menggunakan siklus empat langkah.

Prinsip dan Cara Kerja Mesin Diesel 2 Langkah dan 4 Langkah

Nah selanjutnya adalah mengenal lebih dalam bagaimana prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 langkah dan 4 langkah. Simak selengkapnya dibawah ini:

1. Prinsip Cara Kerja Mesin Diesel 2 Tak

prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak. kelebihan dan kekurangan mesin diesel 2 tak dan 4 tak

Bagaimana sih cara kerja Mesin Diesel 2 (dua) Tak itu? atau  langkah kerja mesin diesel 2 (dua) tak?

Mesin diesel 2 tak bukan hanya digunakan untuk transportasi darat saja, namun juga banyak digunakan oleh para nelayan karena mudah dioperasikan. 
Sebagian besar produsen mesin diesel 2 tak berasal dari negara asing, termasuk China. Bahan bakar yang digunakan adalah jenis solar yang lebih murah dibandingkan bensin. 
Selain itu, mesin diesel 2 tak juga digunakan dalam industri dengan melakukan modifikasi agar tenaga yang dihasilkan semakin besar.
Mesin diesel 2 tak sangat dikenal karena torsi yang besarnya. Seperti namanya, mesin ini hanya memiliki dua tahapan dalam siklus kerjanya. 
Tahap-tahap tersebut meliputi penarikan udara luar ke dalam silinder, kompresi, dan pembakaran yang menghasilkan tenaga dorong. 
Nah untuk lebih dalam memahami bagaimana cara kerja mesin diesel 2 tak, berikut ini adalah penjelasannya.

1. Langkah Hisap & Kompresi 

Langkah kerja mesin diesel 2 (dua) tak yang pertama adalah Proses hisap dan kompresi seperti penjelasan dibawah ini.
Proses hisap pada mesin diesel 2 tak adalah proses dimana udara di masukkan ke dalam silinder mesin, sementara proses kompresi adalah proses dimana udara dikompresi menjadi lebih padat dan suhunya meningkat. 
Pada mesin 4 tak, kedua proses ini terpisah dan dilakukan pada langkah yang berbeda. Pada mesin diesel 2 tak, kedua proses ini terjadi secara bersamaan dalam satu langkah. 
Proses dimulai dari piston yang berada di TMB (titik mati bawah), saat piston berada di TMB, udara akan masuk ke dalam silinder melalui lubang udara yang terdapat di sekitar dinding silinder.
Udara yang masuk ke dalam silinder dapat terdorong masuk karena adanya blower atau turbo yang mendorong udara ke arah mesin pada saluran intake. Saat piston bergerak naik, lubang udara akan tertutup oleh dinding piston.
Ketika piston bergerak ¼ dari TMB ke TMA, proses kompresi udara akan dimulai. Pada saat piston mencapai TMA, udara sudah berhasil dikompresi sehingga suhunya meningkat dan siap untuk dilakukan pembakaran.

2. Langkah Usaha dan Buang

Pinsip kerja mesin diesel 2 tak yang kedua adalah Langkah Usaha dan Buang seperti penjelasan dibawah ini.
Proses usaha adalah tahap pembakaran bahan bakar dan udara di dalam silinder, sementara langkah buang adalah proses pembuangan gas hasil pembakaran yang tersisa dari mesin ke knalpot. 
Langkah usaha akan terjadi ketika piston mencapai TMA di akhir langkah kompresi. Pada saat ini, injector akan menyemprotkan bahan bakar solar ke dalam udara yang bertekanan tinggi.
Hasil dari proses ini adalah bahwa bahan bakar akan terbakar secara spontan. Hal ini terjadi karena suhu udara yang dikompresi melebihi titik nyala bahan bakar. 
Sehingga bahan bakar akan membara ketika dimasukkan ke dalam udara yang bertekanan tinggi dan suhunya tinggi.
Hasil dari proses pembakaran akan menimbulkan tekanan yang mendorong piston untuk bergerak ke TMB. 
Sebelum piston mencapai TMB, katup buang akan terbuka. Pada posisi ini, lubang udara juga akan terbuka karena piston berada di bawah.
untuk keluar melalui katup buang. Katup buang akan tertutup saat piston kembali naik ke TMA dan proses akan terus berlangsung hingga suplai bahan bakar berhenti.

2. Prinsip Cara Kerja Mesin Diesel 4 Tak

Selanjutnya adalah Bagaimana cara kerja mesin diesel 4 tak dan gambarnya? Mesin diesel 4 langkah tersebut meliputi langkah hisap, langkah kompresi, langkah tenaga dan langkah buang. 

Secara keseluruhan memerlukan 2 putaran poros engkol dalam satu siklus pada mesin diesel atau mesin bensin.
 
Langkah kerja mesin diesel 4 tak dapat dibagi menjadi 4 langkah yaitu langkah hisap, langkah kompresi, langkah usaha dan langkah buang. Berikut adalah 4 langkah mesin diesel 4 tak dan gambar mesin diesel 4 tak:

1. Langkah hisap

prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak. kelebihan dan kekurangan mesin diesel 2 tak dan 4 tak

Pada saat langkah hisap, piston akan bergerak dari posisi TMA (Titik Mati Atas) menuju ke posisi TMB (Titik Mati Bawah) dan posisi katup hisap akan membuka, sedangkan katup buang menutup. 

Akibat dari pergerakkan piston dari TMA ke TMB ini maka volume ruang silinder akan membesar dan menyebabkan terjadinya ke vakuman pada ruang silinder ini. Pada saat langkah hisap ini udara akan dihisap masuk ke dalam ruang bakar akibat dari kevakuman yang terjadi pada ruang silinder.
 
Tujuan dari langkah hisap ini adalah agar kabut udara – bahan bakar dapat masuk ke dalam silinder mesin motor. Karena banyaknya jumlah bahan bakar yang terbakar dalam proses pembakaran dapat mempengaruhi produksi tenaga mesin.

Prosesnya adalah piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB), kemudian klep in terbuka dan klep Ex akan tertutup sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder. Kruk as akan berputar 180°, noken as berputar 90°. Selanjutnya tekanan negatif piston menghisap kabut oleh karburator akan terhisap melalui intake port.

2. Langkah kompresi

prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak. kelebihan dan kekurangan mesin diesel 2 tak dan 4 tak

Pada saat langkah kompresi, piston akan bergerak dari posisi TMB menuju ke posisi TMA dan keadaan katup hisap serta katup buang dalam keadaan menutup. Pada saat langkah kompresi ini udara yang ada dalam ruang silinder akan ditekan (dikompresikan) oleh piston sehingga akan menaikkan tekanan dan temperatur di dalam ruang bakar.

 
Tujuan langkah ini adalah untuk meningkatkan temperatur sehingga campuran bahan bakar dan udara dapat bersenyawa. Rasio proses ini nantinya akan berhubungan erat dengan produksi tenaga pada mesin.

Proses nya yaitu dengan piston dari titik mati bawah (TMB) ke titik mati atas (TMA), klep in menutup dan klep Ex tertutup sehingga udara atau gas dalam ruang bakar terkompresi. Kruk as mencapai satu rotasi penuh (360°), noken as mencapai 180°.

3. Langkah usaha

prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak. kelebihan dan kekurangan mesin diesel 2 tak dan 4 tak

Pada saat langkah usaha kedua katup hisap dan katup buang dalam keadaan menutup dan pada saat ini injektor atau nozzle akan menginjeksikan sejumlah bahan bakar ke dalam ruang bakar.

 
Bahan bakar bertekanan yang diinjeksikan ini akan membentuk partikel-partikal yang kecil dan akan terbakar dengan cepat akibat temperatur di dalam ruang bakar yang tinggi. Pada saat ini akan terjadi pembakaran dan tekanan pembakaran ini akan mendorong piston bergerak dari posisi TMA ke posisi TMB.
 
Dimulai dengan menyalakan busi yang menyebabkan terbakarnya bahan bakar/udara, dalam proses tersebut maka akan menyebabkan ledakan yang akan mendorong piston turun ke silinder bore. Gerakan linier tersebut di ubah menjadi gerak rotasi oleh kruk as yang kemudian diteruskan menuju flywheel.

Prosesnya adalah terjadinya ledakan diruang bakar yang kemudian menyebabkan piston terlempar dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Pada saat klep ini tertutup, menjelang akhir langkah klep buang mulai sedikit terbuang. Dari proses itu terjadi transformasi energi bolak balik piston menjadi energi rotasi kruk as. Putaran kruk as mencapai 540° dan putaran noken as mencapai 270°.

4. Langkah buang

prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak. kelebihan dan kekurangan mesin diesel 2 tak dan 4 tak

Langkah buang adalah proses pengeluaran gas sisa pembakaran dari dalam ruang bakar. Proses ini terjadi saat piston kembali naik ke TMA seusai terkena daya ekspansi pembakaran. Saat langkah ini, exhaust valve terbuka sehingga gerakan naik piston akan mendorong gas sisa pembakaran untuk keluar ke knalpot.

Ketika piston mencapai TMA diakhir langkah buang, maka inilah yang disebut dengan satu siklus mesin 4 tak. Satu siklus mesin 4 tak ini terdiri dari empat langkah, yang masing-masing langkah membutuhkan setengah putaran engkol. Sehingga untuk menyelesaikan satu siklus full, dibutuhkan 2 putaran engkol.

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Diesel 2 Tak dan 4 Tak

Setelah mengetahui perbedaan antara mesin diesel 2 tak dan 4 tak, selanjutnya adalah mengenal kelebihan dan kekurangan mesin diesel 2 tak dan 4 tak. Berikut ulasannya dari otomesin.com

1. Kelebihan Mesin 2 Tak

  • Karena cuma terjadi 2 siklus dalam 1 kali usaha maka mesin 2 tak memiliki respon yang cepat dibanding mesin 4 tak
  • Volume mesin tidak perlu sebesar mesin 4 tak untuk mendapatkan tenaga yang sama
  • Tenaga lebih besar dibanding mesin 4 tak
  • konstruksi mesin lebih simpel dibanding mesin 4 Tak
  • Perawatan lebih mudah dibanding mesin 4 Tak

Kekurangan Mesin 2 Tak

  • Bensin lebih boros dibanding Mesin 4 Tak
  • Mesin cepat panas
  • Daya tahan mesin kurang kuat dibanding mesin 4 Tak
  • RPM mesin tidak bisa tinggi karena akan membuat mesin 2 Tak overheat dan macet
  • Mengeluarkan asap yang menimbulkan polusi udara karena menggunakan campuran oli di didalam proses pembakarannya

Kelebihan Mesin 4 Tak

  • Bensin lebih irit
  • Daya tahan lebih kuat dibanding mesin 2 Tak
  • RPM mesin bisa ditingkatkan hingga 15000 RPM ( untuk kompetisi)
  • Lebih ramah lingkungan

Kekurangan Mesin 4 Tak

  • Respon kurang cepat jika dibandingkan mesin 2 Tak
  • Konstruksi mesin lebih kompleks dibanding mesin 2 Tak
  • Untuk mendapatkan tenaga yang sama dengan mesin 2 Tak diperlukan Volume mesin yang lebih besar dibanding mesin 2 Tak
  • Perawatan mesin lebih mahal

Penutup

Demikian sobat otomesin.com ulasan mengenai prinsip dan cara kerja mesin diesel 2 tak dan 4 tak. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan tentang mesin diesel. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *