Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal

0 Comments

Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal – Hai sobat otomesiners apakah kalian sedang mengalami masalah Mobil Mesin Diesel Keluar Asap Hitam dari Knalpot?

Pasti kalian bertanya Bagaimana ketika kendaraan dengan mesin diesel mengeluarkan asap berwarna hitam? Kenapa mesin diesel mengeluarkan asap? Apa penyebab asap knalpot berwarna hitam?

Yups dalam postingan kali ini otomesin.com akan berbagi informasi penting terkait Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal dan Bagaimana asap terjadi pada mesin diesel?

Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal

Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal

Asap hitam dari knalpot mobil diesel dapat menjadi tanda masalah pada mesin. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan mesin diesel mengeluarkan asap hitam tebal. 


Pada mobil diesel lama, asap dari knalpot mungkin merupakan hal yang biasa, karena mesin diesel pada mobil lama tidak secanggih mesin diesel saat ini. 

Namun, pada mobil diesel modern, asap hitam seharusnya tidak lagi dikeluarkan melalui knalpot karena mesin diesel pada mobil baru biasanya sudah menggunakan sistem common rail. 

Apa Penyebab Asap Hitam Pada Mesin Diesel

Asap knalpot mesin diesel cenderung berwarna hitam karena sifat bahan bakar solar. Mobil diesel sejak dulu hingga sekarang akan menghasilkan asap knalpot berwarna hitam. 

Hal ini dipengaruhi oleh kandungan sulfur di bahan bakar, semakin tinggi kandungan sulfur yang terkompresi maka asap knalpot akan semakin hitam. 

Meskipun wajar, asap knalpot yang terlalu hitam dapat menjadi indikasi masalah pada sistem pembakaran pada mesin. 

Apalagi pada mesin yang sudah mengaplikasikan sistem common rail, seharusnya tidak akan mengeluarkan asap hitam pekat.

Nah berikut ini dibawah adalah beberapa Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal yang harus kamu ketahui sobat otomesiners:

1. Masalah pada diesel common rail

Penyebab mesin diesel keluar asap hitam yang pertama adalah Common rail. Common rail adalah sistem injeksi bahan bakar yang digunakan pada mobil diesel. 

Sistem ini bekerja dengan menyalurkan bahan bakar ke silinder-silinder mesin dengan menggunakan tekanan yang tinggi. 

Jika komponen common rail mengalami kerusakan, maka proses distribusi bahan bakar akan terganggu yang dapat menyebabkan munculnya asap hitam tebal yang keluar dari knalpot mobil.

2. Jarang mengganti filter udara

Selanjutnya yang menjadi penyebab mesin diesel mengeluarkan asap hitam dikarenakan Jarang mengganti filter udara.

Filter udara pada mesin mobil diesel berperan penting dalam menyaring debu dan kotoran agar tidak masuk dan menumpuk di dalam mesin. 

Filter udara harus diganti secara rutin untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal. Jika tidak diganti, filter akan tersumbat dengan debu dan kotoran sehingga kemampuan untuk menyaring udara menurun. 

Hal ini dapat menyebabkan mesin diesel bekerja lebih keras dan kinerjanya terhambat, yang pada akhirnya dapat menyebabkan asap hitam keluar dari knalpot.

3. Terlalu banyak sulfur yang masuk ke ruang bakar

Yang terakhir adalah masalah pada sulfur sehingga menjadi penyebab mesin diesel keluar asap hitam yang saat ini sobat alami.

Sulfur adalah residu yang ditinggalkan dari bahan bakar diesel. Ketika terbakar, residu ini akan menghasilkan asap hitam. 

Sulfur difilter atau disaring oleh filter udara agar tidak masuk ke ruang bakar, namun terkadang tetap ada sedikit sulfur yang masuk, yang akan menghasilkan sedikit asap. 

Namun jika asap yang dihasilkan sangat hitam dan tebal, ini menandakan bahwa jumlah sulfur yang masuk ke ruang bakar sudah terlalu banyak, hal ini bisa terjadi jika menggunakan bahan bakar diesel berkualitas rendah.

Cara Menghilangkan Asap Hitam Tebal pada Mesin Mobil Diesel

Setelah mengetahui alasan kenapa mesin diesel mengeluarkan asap hitam? Selanjutnya adalah bagaimana cara menghilangkan Asap Hitam Tebal pada Mesin Diesel. 

Asap hitam yang keluar dari mesin diesel dapat menjadi masalah yang cukup serius. Namun, untuk dapat mengatasinya, kita perlu tahu penyebab munculnya asap tersebut. Setelah itu, kita dapat menyesuaikan penanganan dengan penyebabnya.

Secara umum, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghilangkan asap tebal pada mobil diesel. Beberapa cara yang dapat diterapkan adalah sebagai berikut:

1. Mengecek pompa injeksi

Untuk menghilangkan asap tebal pada mesin diesel yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada pompa injeksi mobil sobat.

Komponen ini merupakan salah satu komponen penting dari common rail, sehingga perlu diperhatikan apakah masih berfungsi dengan baik dan bersih dari kotoran atau debu. Kerusakan pada pompa injeksi dapat menyebabkan munculnya asap hitam dari knalpot mobil diesel.

Jika kamu tidak yakin dapat mengetahui tanda kerusakan hanya dengan melihat kondisi pompa injeksi, maka sebaiknya meminta bantuan dari teknisi bengkel yang sudah lebih ahli. Dengan bantuan teknisi tersebut, masalah asap hitam pada mesin diesel dapat segera teratasi.

2. Mengganti filter udara

Cara mengatasi masalah asap hitam tebal pada Mesin Diesel selanjutnya adalah dengan cara salah satu komponen penting pada mesin diesel adalah filter udara.

Komponen ini berfungsi untuk menyaring debu, kotoran, dan residu sulfur dari bahan bakar diesel sebelum masuk ke ruang pembakaran. 

Namun, seiring berjalannya waktu, filter udara akan mengalami penurunan kinerja karena penumpukan debu dan kotoran.

Jika masalah yang dialami disebabkan oleh kondisi filter udara yang sudah menurun, sebaiknya segera menggantinya dengan filter udara yang baru. 

Dengan mengganti filter udara, debu dan kotoran yang masuk ke ruang pembakaran dapat direduksi sehingga kinerja mesin dapat dioptimalkan dan asap hitam yang keluar dari knalpot dapat di reduksi. 

3. Ganti bahan bakar diesel yang digunakan

Kemudian cara mengatasi penyebab asap knalpot berwarna hitam selanjutnya adalah dengan mengganti bahan bakar diesel yang digunakan. 

Dalam beberapa kasus, pemakaian bahan bakar diesel yang kurang berkualitas dapat menjadi penyebab mesin diesel mengeluarkan asap hitam tebal. 

Solusi utama dari masalah ini adalah mengganti bahan bakar dengan yang lebih berkualitas.

Pastikan untuk melakukan pengisian bahan bakar di tempat yang aman dan legal. Pilihlah bahan bakar yang terkenal baik, meskipun harganya sedikit lebih mahal. 

Jangan mudah tergoda untuk mengisi bahan bakar dengan yang terlalu murah, namun kualitasnya masih diragukan. 

Hal ini dapat merusak kondisi mesin dan menyebabkan knalpot mobil mengeluarkan asap hitam tebal.

Perlu diingat bahwa mesin diesel juga sangat sensitif terhadap kualitas bahan bakar yang digunakan, sehingga kualitas bahan bakar yang digunakan harus selalu diperhatikan. 

Tune up Cara Mencegah Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal

Meskipun mobil dieselmu saat ini tidak mengeluarkan asap dan tidak menunjukkan adanya masalah, sebaiknya tetap bawa mobil ke bengkel untuk mendapatkan servis rutin. 

Salah satu jenis servis yang bisa diberikan untuk mencegah kerusakan pada ruang pembakaran mesin adalah tune up. Servis tune up pada mobil diesel biasanya meliputi beberapa langkah, seperti :

1. Membersihkan throttle body

Throttle body merupakan komponen penting dari mesin diesel yang berfungsi untuk mengatur jumlah udara yang masuk ke ruang pembakaran mesin. 

Ketika melakukan servis tune up, teknisi akan membersihkan throttle body agar komponen ini dapat tetap bekerja dengan baik dan dapat mengontrol masuknya udara ke mesin dengan tepat.

Throttle body yang kotor atau tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan masalah pada mesin diesel, seperti asap hitam yang keluar dari knalpot mobil. 

Oleh karena itu, membersihkan throttle body secara rutin sebagai bagian dari servis tune up sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dalam kondisi optimal dan mencegah masalah yang mungkin terjadi.

2. Membersihkan nozzle

Selain membersihkan throttle body, teknisi juga akan melakukan pembersihan nozzle pada saat melakukan servis tune up. 

Nozzle adalah komponen penting yang berfungsi sebagai perantara untuk mengantarkan bahan bakar ke silinder mesin.

Endapan kotoran pada nozzle dapat menghambat aliran bahan bakar ke silinder mesin dan mengganggu kinerja mesin. Hal ini dapat menyebabkan asap hitam yang keluar dari knalpot mobil diesel. 

Oleh karena itu, pembersihan nozzle secara rutin sebagai bagian dari servis tune up sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dalam kondisi optimal dan mencegah masalah yang mungkin terjadi.

3. Membersihkan saluran intake

Setelah membersihkan throttle body dan nozzle, teknisi juga akan melakukan pembersihan saluran intake pada saat melakukan servis tune up. 

Saluran intake dibersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus atau cairan diesel intake cleaner.

Tujuan dari pembersihan saluran intake sama dengan pembersihan nozzle, yaitu untuk mencegah penumpukan debu, kotoran, dan residu yang dapat menghambat aliran udara masuk ke ruang pembakaran mesin. 

Hal ini dapat menyebabkan asap hitam yang keluar dari knalpot mobil diesel. Oleh karena itu, pembersihan saluran intake secara rutin sebagai bagian dari servis tune up sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dalam kondisi optimal dan mencegah masalah yang mungkin terjadi.

4. Membersihkan katup dan pipa EGR

Katup dan pipa EGR merupakan komponen penting pada mesin diesel yang berfungsi untuk mengurangi emisi gas buang dengan cara mengembalikan emisi gas kembali ke ruang pembakaran bahan bakar diesel.

Namun, apabila katup dan pipa EGR tidak rutin dibersihkan, maka dapat menyebabkan penumpukan debu yang dapat menghambat proses pengembalian emisi gas ke ruang pembakaran.

Hal ini dapat menyebabkan asap knalpot mobil diesel menjadi sangat hitam dan tebal. Oleh karena itu, kedua komponen ini juga perlu dibersihkan dalam rangkaian servis tune up untuk mencegah masalah asap hitam pada mesin diesel. Pembersihan katup dan pipa EGR secara rutin dapat menjamin kinerja mesin.

5. Mengganti filter udara jika diperlukan

Pada langkah terakhir dari servis tune up, teknisi akan melakukan pengecekan kondisi filter udara. Filter udara yang masih dalam kondisi baik tidak perlu diganti, namun jika kondisinya sudah buruk, maka filter harus diganti dengan yang baru.
Filter udara yang sudah rusak dapat menyebabkan masalah pada mesin diesel, seperti asap hitam yang keluar dari knalpot mobil. 
Oleh karena itu, mengganti filter udara secara rutin sebagai bagian dari servis tune up sangat penting untuk menjaga kinerja mesin dalam kondisi optimal dan mencegah masalah yang mungkin terjadi. 
Jangan lupa untuk mengganti filter udara secara rutin agar dapat menghindari kerusakan pada mesin yang lebih besar dan mengeluarkan biaya yang lebih besar pula.
Catatan Penting:
Dengan melakukan servis tune up secara rutin, kondisi mesin mobil diesel dapat dijaga agar tetap dalam kondisi baik dan dapat mencegah munculnya masalah seperti asap hitam.

Penutup

nah itu dia sobat otomesin.com penjelasan tentang Penyebab Mesin Diesel Keluar Asap Hitam Tebal. Semoga dengan artikel ini dapat membantu menjawab keresahan otomesiners terkati penyebab asap knalpot berwarna hitam tebal pada mesin diesel.
Orang Bertanya:
1. Apa penyebab asap knalpot berwarna hitam?
Salah satu penyebab utama asap hitam dari knalpot adalah filter yang kotor. Kotoran akan menghalangi udara bersih mencapai mesin sehingga mempengaruhi sistem kontrol emisi. Hal ini mengakibatkan udara yang masuk ke ruang bakar menjadi berkurang, sehingga pembakaran menjadi tidak sempurna.
2. Bagaimana asap terjadi pada mesin diesel?
Keluarnya asap pada mesin diesel adalah hasil dari proses atau sistem pembakaran mesin mobil yang tidak sempurna. Lebih lanjut, proses ini berawal dari percikan pada campuran mesin dan udara, kemudian menghasilkan gas yang dikeluarkan dari sistem pembuangan atau disebut juga dengan knalpot.
3. Bagaimana ketika kendaraan dengan mesin diesel mengeluarkan asap berwarna hitam?
Sama seperti mesin mobil berbahan bakar bensin. Penyebab keluar asap hitam dari knalpot mobil berbahan bakar diesel akibat dua hal, yaitu filter udara tersumbat dan Sensor Mass Airflow yang buruk. Kondisi ini menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi tinggi dan mengakibatkan knalpot mengeluarkan asap hitam.
4. Kenapa mesin diesel mengeluarkan asap hitam tebal?
Dari dulu hingga sekarang, setiap mobil yang menggunakan mesin diesel akan menghasilkan asap knalpot berwarna hitam. Hal itu dipengaruhi dari kandungan sulfur di bahan bakar. Semakin banyak kandungan sulfur yang terkompresi, maka asap knalpot akan semakin hitam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *